Panduan Bacaan Doa Umroh Lengkap Berikut Sunnahnya

0
42
Bacaan Doa Umroh

Bacaan umroh harus sudah dihafal oleh para calon jamaah umroh, termasuk Anda. Hal ini untuk semakin memudahkan Anda pada saat menjalankan ibadah umroh nantinya.

Namun, jika memang terpaksa belum hafal, Anda bisa membaca buku panduan yang biasanya sudah dibagikan sebelum keberangkatan. Nah, sebagai tambahan pengetahuan, berikut ini beberapa kumpulan doa umroh baik, termasuk doa sunnah.

Meski kita diperkenankan membaca doa-doa semampu kita, namun ada baiknya bila kita mengikuti bacaan doa-doa yang seperti diajarkan Rasulullah.

Panduan Doa Umroh

Kumpulan Bacaan Doa Umroh

Saat menjalankan ibadah umroh, ada beberapa doa yang sebaiknya Anda baca. Berikut ini beberapa di antaranya

1. Membaca Niat Umroh

Untuk jamaah dari Indonesia, sebaiknya doa ini dibaca saat berada di Qornul Manazil. Tepatnya, lima belas menit sebelum sampai di Jeddah.

Dalam hal ini, Anda membacanya di atas pesawat. Silakan saja membaca secara hafalan atau membaca buku panduan.

2. Membaca Talbiyah hingga Thawaf

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَك لَبَّيْكَ ، إنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَك وَالْمُلْكَ لَا شَرِيكَ لَك

Doa ini Anda baca secara terus-menerus begitu sampai di tanah suci hingga menjalankan thawaf. Doa ini menggambarkan betapa bahagia dan bersyukurnya Anda hingga dapat menjalankan ibadah umroh.

3. Membaca Doa Thawaf

Thawaf adalah berjalan mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali.

Selama mengelilingi ka’bah ini, tidak ada dzikir yang diwajibkan kecuali beberapa tempat, seperti saat mulai thawaf, sampai antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad, dan antara Hajar Aswad dan Lampu Hijau.

  • Pada saat mulai thawaf, Anda akan berdiri di lampu hijau. Jika memungkinkan, usaplah Hajar Aswad dan menciumnya, kemudian berdoa. Setelah itu, hadap kanan dan mulailah berjalan mengelilingi ka’bah (posisi ka’bah di sebelah kiri Anda).

 بِسْمِ اللهِ اللهُ أَكْبَر اللَّهُمَّ إِيمَانًا بِكَ  وَتَصْدِيقًا بِكِتَابِكَ ووفاء بعهدك   وَاتِّبَاعًا لِسُنَّةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

  • Pada saat sampai di antara Rukun Yamani dan Hajar Aswad, jika memungkinkan usaplah Rukun Yamani namun tidak perlu menciumnya, kemudian berdoa.

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

  • Pada saat berada di lampu hijau kembali, silakan ulangi doa seperti pada poin pertama sambil menghadap Hajar Aswad. Begitu seterusnya hingga tujuh putaran.

4. Membaca Doa saat menuju Makam Ibrahim

Doa ini dibaca pada saat Anda thawaf dan langsung menuju makan Nabi Ibrahim.

Di depan makam ini, silakan Anda sholat dua rakaat dengan bacaan surat al-Kafirun pada rakaat pertama dan surat al-Ikhlas pada rakaat kedua setelah membaca surat al-Fatihah.

5. Membaca Doa Sa’i

Sa’i adalah berlari-lari kecil dari bukit Shafa menuju bukit Marwah. Bacaan doa sudah dimulai saat menuju bukit Shafa ketika sampai di “Baabus Shafa”.

Kemudian, sesampai di bukit Shafa berdoa kembali sambil menghadap ka’bah dan mengangkat tangan. Setelah itu, lakukan doa kembali saat menuju bukit Marwah dan sesampainya di sana.

Kumpulan Bacaan Doa Sunnah Ketika Umroh

Selain doa-doa di atas, ada juga doa sunnah yang sebaiknya Anda baca untuk semakin memdekatkan diri Anda kepada Allah Swt. Berikut ini beberapa doa sunnah umroh

1. Doa Ketika Melihat Ka’Bah

Tidak sembarang orang bisa menikmati beribadah di dalam ka’bah. Oleh karena itu, sudah selayaknya Anda memanjatkan doa pada saat melihat ka’bah.\

Doa ini sebagai bentuk rasa syukur Anda dapat melihat secara langsung ka’bah, bahkan dapat beribadah di dalamnya.

2. Doa Ketika Masuk Masjid

aat masuk maupun keluar masjid, Anda juga disunnah untuk membaca doa untuk meminta rahmat dan karunia dari Allah.

3. Doa Ketika Meminum Air Zamzam

Sebagai rasa syukur, berdoalah ketika minum air zamzam. Doa ini juga dipanjatkan agar Allah memberikan ilmu, rezeki, dan obat kepada Anda.

Doa Bacaan Umroh Lengkap

Itulah urutan doa umroh yang sebaiknya Anda baca saat menjalankan ibadah umroh. Lingkupi setiap kegiatan Anda selama umroh dengan doa, sehingga kekhusyukan beribadah dapat Anda capai.

Tidak hanya itu, Anda akan merasa semakin dekat dengan Allah jika setiap hari mengingat-Nya. Jadikan perjalanan ibadan umroh Anda untuk mengumpulkan pahala dengan terus memanjatkan doa umroh.

Iringilah ibadah haji dengan ibadah umrah karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here