Paket Haji ONH Plus

0
129

Ibadah haji merupakan Rukun islam kelima yang wajib hukumnya untuk dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu. Namun adakalanya kendala untuk melaksanakan ibadah haji bukan pada kemampuan finansialnya namun pada kesempatan yang di dapat.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Arab Saudi membatas kuota haji tiap negara termasuk Indonesia, sehingga muncullah istilah Antrian Haji yang panjang setiap tahunnya akibat kuota yang diberikan terbatas namun pendaftar haji melebihi kuota.

Tak jarang antrian haji dapat mencapai belasan tahun, rata-rata antara 10 hingga 15 tahun. Antrian haji tiap daerah provinsi di Indonesia dapat berbeda-beda, hal ini karena jumlah penduduk muslim juga berbeda. Para calon jamaah haji pun dapat mendaftar Haji Plus dengan memanfaatkan kuota dari propinsi atau daerah lain.

Antrian haji ini setiap daerah berbeda-beda. Kalau dapat kita sebut rata-rata adalah 15 tahun massa tunggu. Namun untuk jamaah tertentu ada fasilitas antrian haji yang tidak sampai menunggu hingga belasan tahun, yaitu dengan cara mendaftar Haji Plus.

Cara mendaftar haji plus dapat dilakukan di Kantor kementerian Agama (KEMENAG) setempat untuk mendapatkan Surat Permohonan Pergi Haji (SPPH) dengan menyetorkan dana awal melalui Bank yang ditentukan pemerintah agar memperoleh nomor kuota.
Setelah itu, serahkan nomor kuota kepada travel penyelenggara Haji Plus. Para calon jamaah dapat melunasi biaya perjalanan haji setelah memperoleh kepastian waktu pergi haji yang ditentukan.

Sebelum melakukan proses pendaftaran, persiapkan dana dalam saldo tabungan haji di bank yang telah ditentukan. Setelah itu ajukan surat permohonan validasi pendaftaran haji di Bank tersebut. Pastikan biaya tabungan sudah mencapai 25 juta karena akan digunakan sebagai biaya pendaftaran awal. Jumlah tersebut merupakan persyaratan yang telah ditentukan oleh Pemerintah.

Adapun Persyaratan Pendaftaran Haji ONH Plus adalah sebagai berikut :
1. Surat validasi
2. Fotocopy KTP
3. Fotocopy KK
4. Surat keterangan domisili dari Kantor Kelurahan
5. Fotocopy buku nikah
6. Fotocopy buku tabungan
7. Pas foto 3×4 dengan ukuran 80 % tampak wajah
8. Surat keterangan sehat dari Dokter.

Setelah semua syarat pendaftaran dilengkapi, calon jamaah dapat langsung melakukan proses pendaftaran Haji ke kantor Kementrian Agama sesuai lokasi dan menyerahkan semua persyaratannya.

Pelayanan haji plus berbeda dengan pelayanan haji reguler, sebab biaya haji plus yang ditetapkan oleh pemerintah lebih mahal karena Akomodasi Hotelnya menggunakan fasilitas Bintang Lima. Biaya Haji ONH Plus 2018 dengan fasilitas sekamar berempat ditetapkan sebesar 9500 USD atau kurang lebih 130 juta rupiah.

Bagi calon jamaah yang sudah mendaftar Haji seperti sesuai dengan prosedur calon haji akan mendapatkan Nomor Porsi. Nomor porsi haji dapat digunakan untuk mengecek jadwal tahun keberangkatan haji yang sudah ditentukan sehingga calon haji dapat mempersiapkan segala sesuatunya sebelum keberangkatan. Nomor porsi haji itu sendiri merupakan nomor yang didapatkan oleh calon jama’ah haji ketika sudah menyetor BPIH di bank.

Demikian informasi seputar Haji ONH Plus semoga bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan calon jamaah agar bersegera melakukan ibadah haji melalui ONH Plus bila memiliki dana lebih.

SHARE
Previous articleBiaya Haji 2018
Next articleTravel Umroh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here