Panduan Lengkap Tata Cara Rukun Umroh

0
240
rukun umroh dan tata cara

Umroh menjadi panggilan hati yang tidak dapat sembarang orang memperolehnya. Jika umroh dilakukan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

Sesuai sabda Rasulullah SAW bahwa umroh yang dilaksanakan di bulan Ramadhan, maka pahalanya sama dengan melaksanakan ibadah haji. Untuk Anda yang sudah memiliki niat umroh dan dalam waktu dekat hendak ke tanah suci, ketahuilah Tata Cara Umroh.

Umroh disebut juga sebagai haji kecil sehingga Rukun Umroh mirip dengan haji. Satu yang membedakan dalam umroh adalah tidak melaksanakan wuquf di Arafah.

Umroh untuk pria yang sudah tua / lemah & bagi kaum wanita senilai dengan Ibadah Jihad

Tata Cara Melaksanakan Umroh dan Rukunnya

Hati yang bersih, tenang, dan tentram akan mempermudah Anda dalam melaksanakan ibadah ke tanah suci. Tata Cara Umroh harus dilaksanakan dengan niat umroh.

Sesuai rukun ibadah haji kecil, maka dilakukan dengan berkunjung ke Baitullah, thawaf, sa’i, tahalul, dan tertib. Sebelum memakai pakaian ihram, maka Anda diwajibkan untuk mandi besar terlebih dahulu.

Yang mampu belum tentu terpanggil, yang dipanggil insya allah dimampukan

Rukun Umroh Wajib

Tahapan Melaksanakan Rukun Umroh

Tahapan rukun-rukun umroh yang harus Anda laksanakan antara lain:

  • Niat Umroh

Rukun umroh pertama adalah Anda harus mengucapkan niat melaksanakan ibadah umroh. Melaksanakan umroh harus diawali dengan niat.

Ucapkanlah “Labaika umrotan” yang memiliki arti “Aku penuhi panggilan-Mu untuk berumroh”. Bacaan talbiyah,”Labaikallahumma labaik. Labaikala syarikalakalabaik. Innalhamda wanni’matan lakawalmulk la syarikalaka.”

  • Ihram

Rukun Umroh kedua adalah memakai ihram. Ihram bagi kaum pria merupakan kain putih tidak berjahit sebanyak dua helai untuk selendang dan sarung guna menutup aurat.

Sedangkan ihram bagi kaum wanita merupakan pakaian putih berjahit seperti gamis pada umumnya dan hanya memperlihatkan wajah dan kedua telapak tangan

  • Thawaf

Rukun Umroh ketiga adalah mengelilingi Ka’bah dengan tujuh kali putaran. Titik thawaf di mulai dari keberadaan Hajar Aswad dengan posisi Ka’bah ada di sebelah kiri Anda.

Lakukan thawaf dengan berlawanan arah jarum jam. Bacaan mulai thawaf,”Subhaanallahi wa lailahaillallahu akbar. Wa la haula wa laquwata illa billahil’aliyil ’adzim.” Ucapkanlah bacaan tersebut setiap melakukan satu putaran ke Ka’bah.

  • Sa’i

Rukun Umroh keempat adalah berlari-lari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah yang dilakukan sebanyak tujuh kali. Bagi pria, sa’i dilakukan dengan berlari-lari kecil. Bagi wanita, sa’i dilakukan berjalan kaki dengan langkah yang cepat.

Bacaan Sa’i saat mendekati Bukit Shafa,”Innashafaa wal marwatan min sya’aa ‘irillahi – abda ubimaa bada allahubihi.”

Bacaan Sa’i saat mendekati Bukit Marwah,”Innashafa wal marwatan min sya’aa ‘irillahi. Faman hajjal baita awi’tamara fala junaa ha ‘alaihi inyathawwafa bihima. Wa man tathawwa’a khayaraan fa’innallaha syaakirun ‘alim.”

  • Tahallul

Rukun Umroh kelima adalah mencukur rambut. Minimal tiga helai rambut, baik bagi pria maupun wanita. Namun, akan lebih afdhal jika mencukur rambut hingga habis atau gundul.

Menggunduli rambut biasanya dilakukan oleh para jamaah pria. Anda dapat mencukur rambut dengan meminta bantuan sesama jamaah ataupun tukang cukur yang ada di sana.

  • Tertib

Rukun Umroh keenam adalah melaksanakan Rukun Umroh secara berurutan. Mulai dari niat sampai dengan melaksanakan tahalul. Sehingga pentingnya untuk mengikuti pemandu umroh bagi jamaah adalah agar dapat melaksanakan rukun ibadah umroh secara berurutan.  

 Rukun Umroh Sai

jangan menua tanpa adanya pahala

Ibadah umroh harus dilaksanakan dengan tertib. Mulai dari niat sampai dengan mencukur rambut atau tahalul. Jika ada salah satu rukun yang terlewat, maka Anda diwajibkan untuk mengulanginya kembali.

Bagi mereka yang menunaikan ibadah haji dan umroh secara benar dan ikhlas, Allah SWT pun memberikan ganjaran yang luar biasa

Sehingga  diperlukan hati yang bersih dan fokus dalam melaksanakan ibadah umroh semata-mata hanya karena Allah SWT. Dengan tujuan Anda dapat mengikuti Tata Cara Umroh dengan baik. Serta melaksanakan semua Rukun Umroh dengan tertib.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here